Tips tingkatkan kedekatan antara orang tua dan anak

Jakarta (ANTARA) – Psikolog klinis dewasa Muthmainah Mufidah dari Universitas Indonesia mengatakan bahwa hal yang terpenting untuk meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak adalah dengan memperhatikan kualitas dari interaksi bersama anak.

“Yang penting sebetulnya adalah kualitas dari interaksinya, bukan seberapa seringnya, atau pun sekedar hadir secara fisiknya. Jadi ketika bersama anak memang fokus mendengarkan dan berbagai cerita, misal bertukar cerita kegiatan ayah dan anak di hari itu,” ujar Mufidah saat dihubungi ANTARA, Jumat.

“Jika memang sibuk, sampaikan bahwa saat ini sedang sibuk bekerja dan ceritakan secara sederhana apa yang sedang dikerjakan, agar anak lebih tergambar. Bisa juga disiasati dengan ayah bekerja lalu anak belajar disampingnya,” sambungnya.

Selain itu, psikolog dari Universitas Indonesia A. Kasandra Putranto juga mengatakan bahwa kiat untuk melakukan bonding dengan anak adalah dengan mengenali karakter anak.

“Kenali karakter anak dengan sering mengajaknya berdiskusi. Lakukan aktivitas atau hobi bersama-sama, misalnya olahraga, kuliner, dan lain-lain. Sesekali juga berikan hadiah atau kejutan untuk anak,” jelas Kasandra.

 
Baca Lebih Lanjut »
 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja